Begini Tips Simpan Daging Kurban

by admintv
0 comment

Cara penyimpanan daging segar, dapat mempengaruhi kandungan nutrisinya serta keamanan daging untuk dikonsumsi. Agar kandungan gizinya tetap terjaga, serta terhindar dari kontaminasi bakteri, dan daging tetap segar saat diolah, menyimpan daging harus dilakukan dengan tepat.

Untuk menjaga kualitas daging, penyimpanan dilakukan sesuai porsi sekali masak. Kemudian disimpan di wadah tertutup atau palstik wrap agar tidak terkontaminasi bakteri, dan tetap aman dikonsumsi. Pastikan daging disimpan di freezer kulkas dengan minus 18 derajat selsius. Dengan cara penyimpanan ini daging dapat bertahan hingga dua bulan.

Jika ingin memasaknya, tidak disarankan untuk meletakkan daging di suhu ruangan, karena akan mempercepat perkembangan mikroba. Sebelum diolah daging justru disarankan untuk diletakkan di kulkas bagian bawah, sehingga dapat mencair perlahan, agar daging kembali segar, dan tidak menyebabkan perkembangan mikroba. Hal ini dijelaskan Ahli Gizi Bambang Heryanto.

“Untuk mendinginkan atau menyegarkan kembali daging yang difreezer, jangan pernah ditaro disuhu ruang, artinya kalau kita ingin kembalikan dagin untuk dimasak dalam freezer itu ditaro dibawah kulkas yang dari freezernya.” Kata Bambang Heryanto, Koor Gizi Puskesmas Murung Pudak.

Bambang pun menambahkan, jika ingin memasak daging dengan santan, maka dianjurkan hanya untuk datu kali makan saja. Pasalnya masakan dengan olahan santan, jika dipanaskan kembali maka akan meningkatkan kadar kolesterolnya. (Dano Nafarin, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment