“BBM Cantik” Sulap Sampai Plastik Jadi 3 Macam Bahan Bakar

by admintv
0 comment

TV Tabalong – BBM cantik, merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Ahmad Soleh. Ia adalah operator alat berat di TPA bongkang, yang berhasil mendaur ulang sampah plastik menjadi 3 macam bahan bakar minyak. Inovasi BBM cantik ini sudah mulai diciptakan sejak masih berlokasi di TPA Maburai.

Untuk menciptakan mesin BBM Cantik, Ahmad Soleh hanya mengumpulkan besi-besi bekas yang dibuang ke TPA. Dari hasil pembuatan mesin BBM cantik ini, bisa menghasilkan 3 jenis bahan bakar, yaitu sejenis solar, minyak tanah, dan bensin.

“Latar belakang sebelumnya saya sampaikan, ini dirakit atau dibuat pada masa kita operasional di TPA maburai, beliau sebagai inovatornya untuk mengisi kekosongan waktu menjabat sebagai helper operator disan, jadi bahan bahan yang beliau kumpulkan atau rakitan ini adalah limbah besi yang ada dibuang ke TPA maburai, dengan pemikiran untuk mengurangi sampah plastik di TPA maburai, pada saat itu sangat sederhana sekali, beliau rakit sedemikian rupa, sehingga terbentuknya alat BBM cantik ini” Kata Ilham Ansyarul Hakim, Kepala UPTD TPA Bongkang.

Sang inovator BBM Cantik, Ahmad Soleh menjelaskan, dalam produksinya, bahan baku plastik bening menghasilkan BBM yang lebih bagus, namun ia memastikan semua jenis plastik tetap dapat digunakan. Dari 1 kilo produksi sampah plastik, mampu menghasilkan setidaknya 0,6 hingga 0,7 liter bahan bakar minyak.

“Awalny itu kan kita kerja ditempat sampah, paling tidak kita harus mencintai apa kah yang dibilang sampah itu, karena rata rata orang kok sampah pada dibuangi, bahkan ketemu sampah aja tutup hidung, disitu jadi tantangan saya, karena saya di TPA tiap hari, ketemu pemulung pemulung, saya pelajari, apasih yang diambil pemulung, dan apa yang ditinggalkan pemulung, ternyata yang ditinggal plastik plastik ini, kalau ini dibiarkan, akan merusak lingkungan, gimana solusinya?, satu satunya jalan biar gak kembali lagi ke TPA, di bikin BBM, tidak akan pernah kembali ke TPA” Kata Ahmad Soleh, Inovator BBM Cantik.

Ahmad Soleh berharap dukungan dari pemerintah dari hasil inovasi ini. Meski masih terdapat beberapa kekurangan, terutama dari emisi terhadap lingkungan, namun ahmad soleh berkeyakinan, kedepan inovasi yang ia buat ini akan membantu mengurangi populasi sampah plastik di Tabalong. Di tahun 2021, inovasi ini juga berhasil meraih penghargaan dari bupati tabalong,  dalam penilaian inovative goverment award 2021. (Muhammad Ariadi).

Related Articles

Leave a Comment