Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Perhitungan Suara

TVTABALONG.COM – Badan Pengawas Pemilu Tabalong, meningkatkan pengawasan saat proses pemungutan dan perhitungan suara, untuk menghindari terjadinya kecurangan. Berdasarkan peraturan KPU Nomor 32 tahun 2018, setidaknya ada empat pengawasan perhitungan suara yang wajib dikawal.

Yaitu penyerahan dan pergerakan kotak suara, proses rekapitulasi hasil perhitungan suara, pengumuman rekapitulasi hasil perhitungan suara, serta penyampaian berita acara hasil perhitungan suara dan alat kelengkapan.

Selain itu, Bawaslu juga mewajibkan Panitia Pengawas Kecamatan untuk melaporkan kejadian khusus yang ada di tiap TPS. Hingga saat ini Bawaslu Tabalong mengaku menemukan masalah di beberapa TPS. Seperti kekurangan dan kelebihan surat suara.

Namun menurut Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cepat, dengan menginstruksikan PPK kecamatan untuk mencari surat suara tambahan dari TPS lain.

Seperti kekurangan dan kelebihan surat suara. Namun menurut Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cepat, dengan menginstruksikan PPK kecamatan untuk mencari surat suara tambahan dari TPS lain.

“pengawas TPS kita stand by kan 24 jam di TPS  sampai selesai perhitungan, smapai ke desa sampai ke kecamatan, bahkan pengawas desa pun itu akan mengawal pergerakan dari TPS ke kantor desa dimana diterminalkan disitu dulu, nanti baru diantar ke kecamatan dan akan dikawal juga, Alhamdulillah sampai sekarang lancar dan aman dan itu yang kita harapkan jelas Hirsan

Baca Juga : Bawaslu Rilis Jadwal Pengumuman Resmi Penghitungan Suara

Hirsan menambahkan, hingga saat ini Bawaslu Tabalong belum menemui laporan resmi terkait permasalahan maupun kecurangan pemilu 2019 di Tabalong. Pihaknya berharap, kondisi seperti ini dapat tetap terjaga hingga berakhirnya proses pemilu 2019

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: