Bawaslu Temukan 11 ASN Tabalong Diduga Langgar Netralitas

TVTABALONG.COM – Badan Pengawas Pemilu Tabalong menemukan 11 oknum aparatur sipil negara, satu orang kepala desa, dan satu perangkat desa, yang diduga melanggar netralitas ASN. Pelanggaran yang dilakukan, umumnya berupa dukungan ke salah satu calon legislatif di media sosial.

Komisioner Bawaslu Tabalong, Fahmi Failashopa menuturkan, temuan dugaan pelanggaran berawal dari laporan masyarakat. Yang kemudian dilakukan pemeriksaan pada akun-akun media sosial ASN yang dilaporkan.

“berdasarkan informasi dari masyarakat ini kita di Bawaslu melakukan pengecekan terhadap akun-akun di media sosial yang didaftarkan oleh peserta pemilu secara resmi kepada KPU” jelas Fahmi

“setelah kami melakukan crosscheck, terbukti ada beberapa ASN yang mengomentari bentuk kampanye mereka di media sosial sehingga ini menjadi bukti temuan dugaan pelanggaran netralitas ASN dan kita proses”

“berdasarkan proses terdapat 11 ASN, 1 kepala desa, dan 1 perangkat desa di ruang lingkup pemerintah Tabalong” tambah Fahmi

Menindaklanjuti temuan ini, Bawaslu berencana memanggil ASN yang bersangkutan.

Selanjutnya komisioner akan melakukan rapat pleno. Kasus ini kemudian akan di plenokan di tingkat komisioner netralitas. Bawaslu Tabalong akan meneruskan kasus tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara di Jakarta, untuk mendapatkan keputusan final ASN.

Fahmi mennjelaskan, sanksi akan diberikan oleh pejabat pembina kepegawaian di daerah yaitu kepala daerah. Sangsi pelanggaran netralitas ASN, dapat berupa penundaan kenaikan pangkat dan penurunan pangkat.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: