Bawaslu Nyatakan Kepala Daerah Boleh Tidak Netral Pada Pemilu 2019

TVTABALONG.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabalong, menegaskan bahwa kepala daerah boleh berlaku tidak netral pada pelaksanaan pemilu 2019.

Hal tersebut berdasarkan surat himbauan Bawaslu RI, perihal netralitas ASN dan pelaksanaan kampanye oleh kepala daerah, serta larangan penggunaan fasilitas negara.

Jika aparatur sipil negara beserta perangkat desa, dituntut harus netral selama pelaksanaan pemilu 2019, lain halnya dengan kepala daerah.

Baca Juga : Sesuai SK Gubernur Kalsel, UMK Tabalong Naik 8 Persen Pada 2019

Berdasarkan hukum Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum, kepala daerah atau pejabat negara lainnya memiliki hak untuk melaksanakan kampanye.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh anggota Bawaslu Tabalong, Fahmi Failasopa.

Menurutnya kepala daerah boleh terjun langsung selama pelaksanakan pemilu 2019, termasuk kampanye asalkan sesuai dengan aturan.

Aturan yang dimaksud diantaranya kepala daerah bisa ikut kampanye hanya di akhir pekan, bukan di hari kerja.

Sehingga tidak menganggu kinerja pemerintahan, atau telah memenuhi ketentuan sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Populer Dibaca : 

Selanjutnya, dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratis, bermartabat, dan berkualitas, serta untuk menjalankan tugas terhadap pencegahan pelanggaran pemilu.

Bawaslu KabupatenTabalong mengimbau agar ASN dapat menjaga integritas dan profesionalismenya, dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan perundang -undangan.

Penulis : Rahmadi | Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: