Bawaslu Luncurkan App Android Siwaslu Untuk Tampung Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

TVTABALONG.COM – Badan Pengawas Pemilu Tabalong, telah meluncurkan aplikasi Siwaslu, sistem pengawasan pemilu 2019. Aplikasi ini berfungsi untuk menampung laporan masyarakat terkait kecurangan peserta pemilu, baik dari DPRD Provinsi dan Kabupaten, DPR RI, DPD, hinga presiden dan wakil presiden.

Selain kecurangan, masyarkat juga dapat melaporkan hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian, terkait pemilu 2019 di aplikasi ini. Komisioner Bawaslu Tabalong, Fahmi Failasofa menjelaskan, aplikasi ini dapat memudahkan warga melaporkan kecurangan pemilu 2019.

“Aplikasi Siwaslu ini gunanya untuk menyampaikan laporan jika ada dugaan pelanggaran di lingkungan masyarakat” jelas Fahmi

“jadi tidak perlu harus datang ke Bawaslu. Cukup download Aplikasi Siwaslu, isi biodata kemudian bisa menyampaikan laporan serta mengupload jika ada bukti laporannya dugaan pelanggaran tadi”

“sebenarnya bentuk laporan langsung atau melalui aplikasi, kerahasiaan pelapor pasti akan kita jaga, akan kita jamin. Tidak akan dibuka ke public”

Jadi kami sampaikan ini agar masyarakat mau ikut berpartisipasi ikut mengawasi dan mengawal proses Pemilu agar berjalan demokratis”

Saat ini aplikasi Siwaslu dpat di download di Playstore. Melalui aplikasi ini diharapkan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat, dalam mendukung pencegahan pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu 2019.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: