Bawaslu Imbau ASN Tak Ikuti Kampanye Terbuka

TVTABALONG.COM – Memasuki masa kampanye terbuka pemilu 2019, yang baru saja dimulai 24 Maret lalu, Badan Pengawas Pemilu Tabalong menekankan agar aparatur sipil negara bersikap netral, dengan tidak mengikuti seluruh tahapan kampanye terbuka.

Berdasarkan undang-undang nomor tujuh tahun 2017 tentang pemilihan umum, ASN dilarang ikut serta menjadi pelaksana, tim kampanye, bahkan ikut hadir dalam kampanye.

Komisioner Bawaslu Tabalong, Mahdan menuturkan, tidak hanya ASN, kepala daerah, wakil kepala daerah, anggota TNI, Polri, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan BUMN dan BUMD, serta pengurus badan yang anggarannya bersumber dari keuangan negara, juga dilarang berhadir dalam kampanye terbuka.

“Dalam hal ini tentunya potensi pelanggaran yang nantinya terjadi pada rapat umum (kampanye) menjadi perhatian pengawas lapangan, jangan sampai rapat umum tersebut melibatkan pihak-pihak yang dilarang undang-undang 7 tahun 2017″ kata Mahdan

“khususnya untuk ASN dimana dalam hal ini tentunya tidak ada keberpihakan, tidak ikut aktif secara langsung dalam kegiatan kampanye tersebut” jelasnya lagi

“tentunya yang jadi perhatian juga anak-anak juga jangan sampai dilibatkan untuk menggunakan atribut dalam kampanye tersebut” sambungnya

Mahdan mengimbau, peserta pemilu tidak mempersoalkan dasar negara, melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI, menghina seseorang atau ras, mengadu domba, serta tidak mengganggu ketertiban umum, dalam kampanye terbuka.

Sebelumnya, kampanye terbuka telah dijadwalkan mulai tanggal 24 Maret sampai 13 April 2019, dimana capres cawapres nomor urut satu dan dua, diberi jatah kampanye masing-masing selama 10 hari. Setelah itu akan memasuki masa tenang, sampai waktu pencoblosan 17 april 2019.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: