Banyak Dilirik Pengunjung, Tabalong Pamerkan Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Hape

TVTABALONG.COM – Pameran Apkasi Otonomi Expo menjadi ajang bagi setiap kabupaten yang ada di Indonesia untuk memamerkan produk unggulan serta inovasi mereka. Pada kempatan tersebut kabupaten Tabalong berhasil menarik perhatian pengunjung, dengan inovasi dari sektor pertanian, berupa alat penyiram tanaman otomatis.

Kabupaten Tabalong yang turut berpartisipasi pada pameran ini, juga menampilkan inovasi dari sektor pertanian melalui mesin penyiram tanaman dengan Automatic Control Handphone Cellular. Alat ini digagas oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bintang Ara.

Inovasi ini pun juga cukup banyak dilirik oleh pengunjung Apkasi, bahkan salah satu pegunjung mengaku baru pertama kali melihat inovasi dari sektor pertanian ini.

Dalam proses kerjanya, mesin penyiram tanaman bisa dilakukan melalui handphone. Mesin ini akan merespon panggilan handphone, dengan menimbulkan tegangan yang dimanfaatkan untuk menggerakan dinamo pompa pada jaringan pipa yang terpasang.

Johan Noor Effendi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong mengungkapkan bahwa inovasi ini merupakan langkah untuk mengatasi masalah kesibukan para petani dalam mengelola lahan pertanian.

Meski belum memiliki hak paten, inovasi ini sudah banyak dilirik oleh sejumlah perusahaan. Mereka ingin membeli inovasi ini untuk dapat diproduksi secara masal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: