Balarut Maharagu Sungai, Cara Pegiat Lingkungan Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai Tabalong

TVTABALONG.COM – Setiap tanggal 22 maret, seluruh dunia memperingati Hari Air Sedunia. Momen tersebut pun dimanfaatkan para pegiat lingkungan di Tabalong, untuk mengajak masyarakat memelihara sungai. Cara yang mereka lakukan terbilang unik, yaitu dengan menyusuri sungai menggunakan rakit atau lanting bambu.

Aksi ini dinamai Balarut Maharagu Sungai Tabalong. Digelar dari 23 hingga 24 Maret lalu. Aksi balarut dimulai dari Desa Mahe Pasar Kecamatan Haruai, hingga ke Desa Mantuil Kecamatan Muara Harus.

Beberapa instansi pemerintahan, seperti Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan BPBD ikut berpartisipasi, dalam aksi kampanye pelestariaan sungai Tabalong ini. Pasalnya, sungai dinilai sebagai sumber kehidupan untuk mendukung ekosistem lainnya.

Salah satu peserta aksi balarut, Noorhadi Bayana,  mengaku tertarik mengikuti kegiatan Balarut Maharagu Sungai Tabalong. Kegiatan ini menurutnya, salah satu cara mengedukasi masyarakat Tabalong, menjaga kelestarian sungai.

kesannya sangat berbahagia sekali karena bisa ikut terlibat di kegiatan ini, salah satu cara untuk menyeruakan perasaan kita tentang kondisi sungai Tabalong, apalagi sampah-sampah plastik yang sangat lama terurainya yang apabila ini menumpuk akan berakibat pendangkalan sungai” kata Bayana

Sementara panitia Komunitas Jelajah Tabalong, Husin Nafarin, berharap, aksi ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap sungai. Sheingga tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah maupun limba ke sungai, yang dianggap sebagai penopang kehidupan.

“memberikan public awareness, memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan dan pelestarian sungai agar sungai dapat dimanfaatkan secara ekonomi ataupun transportasi” kata Husin

“Sungai merupakan salah satu penopang kehidupan masyrakat, dari berkeramba, memancing, atau sebagai sendi kehidupan lain” tambah Husin

Husin menambahkan, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian lingkungan dan menjaga kelsetarian kehidupan bagi generasi muda di Tabalong.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: