Atasi Minimnya Peserta Lolos Seleksi CPNS , Kemenpan RB Tetapkan Sistem Ranking

Kemenpan RB telah menetapkan kebijakan, untuk mengatasi permasalahan minimnya peserta seleksi CPNS, yang lolos pada seleksi kompetensi dasar. Kebijakan yang tertuang dalam Permenpan-RB nomor 61 tahun 2018 tersebut, memberlakukan sistem rangking, tapi tetap dengan batasan nilai minimal.

TVTABALONG.COM – Pada 21 November lalu, pemerintah secara resmi mengeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 61 tahun 2018.

Peraturan tersebut untuk memenuhi jumlah peserta CPNS 2018, akibat rendahnya kelulusan di seleksi kompetensi dasar.

Dalam peraturan tersebut, diberlakukan sistem rangking untuk memenuhi kebutuhan formasi CPNS tahun 2018.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan nilai kumulatif SKD, untuk formasi umum menjadi paling rendah 255, yang mana sebelumnya nilai yang ditetapkan diangka 298.

Sedangkan formasi dokter spesialis dan cumlaude juga turun ke angka 255. Sedangkan untuk formasi disabilitas, formasi putra putri Papua, serta formasi eks honorer K2 paling rendah di angka 220.

Kepala bidang pengadaan mutasi dan kedudukan hukum dan pensiun, BKPP Tabalong, Fauzan mengatakan, dalam isi permenpan nomor 61 tahun 2018, tidak ada penurunan passing grade.

Tetapi nilai kumulatif terbaik yang akan diambil dengan batas minimal 255. Hal tersebut berlaku, apabila dalam satu formasi tidak ada peserta yang lolos, dan belum tercukupinya jumlah peserta SKD, yang memenuhi nilai ambang batas sesuai Permenpan 37 tahun 2018.

Fauzan menambahkan, pihaknya masih menunggu instruksi pusat terkait permenpan yang baru saja berlaku. Selain itu, pengumuman perangkingan juga akan menunggu kabar dari panitia seleksi nasional.

Penulis : Syarif Hidayat
Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: