ANBK Diharap Mampu Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Tabalong

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Seiring dengan penghapusan ujian nasional, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi, Kemdikbudristek mengadakan asessment nasional berbasis komputer atau ANBK. ANBK merupakan evaluasi yang dilakukan pemerintah, sebagai upaya pemetaan mutu sistem pendidikan dasar dan menenengah, di seluruh satuan pendidikan.

Kepala seksi kurikulum dan peserta didik, Disdikbud Tabalong, Khusnul Anwar menjelasakan, anbk merupakan penilaian berdasarkan hasil belajar murid terkait literasi, numerasi, dan karakter. Selain itu, penilaian terkait proses belajar mengajar serta lingkungan satuan pendidikan juga menjadi penilaian. Dalam hal tersebut, seluruh  pendidik dan kepala sekolah terlibat didalamnya.

“Sejak tahun 2021 itu adanya Merdeka belajar diantaranya peniadaan ujian nasional kalau sekarang ini ada namanya assessment nasional. Tapi assessment nasional ini bukan pengganti ujian nasional, bukan. Jadi asessment Nasional dilaksanakn  di seluruh Indonesia secara nasional. itu dilaksanakan selama dua hari yaitu dengan materinya literasi dan numerasi, kemudian ditambah lagi ada survei karakter dan survei lingkungan. untuk literasi dan numerasi itu dilaksanakan secara online berbasis komputer atau sering disingkat ANBK asessmeny nasional berbasis komputer. termasuk survei karakter dan survei lingkungan,  survei karakter itu kepada seluruh peserta didik, survei lingkungan peserta didik dan seluruh dewan termasuk kepala sekolah.” Kata Khusnul Anwar, Kepala Seksi Kurikulum Dan Peserta Didik Disdikbud Tabalong.

Pelaksanaan ANBK pun tidak seluruhnya dapat diikuti peserta didik, karena jumlah peserta ANBK di setiap jenjang berbeda. Untuk SD dan MI diambil dari kelas 5, dengan jumlah maksimum sebanyak 30 orang. Sedangkan untuk jenjang SMP dan MTS diambil dari kelas 8 dengan jumlah peserta didik maksimal sebanyak 45 orang. Selain itu, peserta anbk pun tidak dapat dipilih oleh pihak sekolah, namun ditunjuk langsung oleh kemendikbudristek.

Dari hasil asessmen nasional, satuan pendidikan akan mendapatkan raport mutu pendidikan. Yang mana hasil tersebut diharapkan dapat menjadi dasar peningkatan mutu pendidikan, dan berdampak pada  hasil belajar para peserta didik. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment