Akta Kematian Penting Bagi Masyarakat Dan Pemerintah

by admintv
0 comment

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabalong, menyerahkan buku pokok pemakaman kepada aparat kelurahan dan desa se Tabalong, pada 12 juli 2022. Penyerahan buku pokok pemakaman ini untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kematian bagi warga tabalong yang sudah meninggal dunia.

Melalui buku pokok pemakaman ini, pihak desa maupun kelurahan, dapat melaporkan kematian setiap penduduk, sehingga dapat diterbitkan akta kematiannya. Tidak hanya itu, beberapa dokumen lain seperti KTP dan kartu keluarga, dapat disesuaikan jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia.  Hal ini juga sebagai langkah meningkatkan akurasi data kependudukan di Kabupaten Tabalong.

“Jadi tidak stop sampai di akta kematian saja, tapi dengan dokumen dokumen pengikut lainnya, langsung otomatis kamin terbitkan, jadi sekali orang menyetorkan keterangan meninggal itu, dia akan mendapatkan,akta kematian, KTP elektronik yang sudah menyesuaikan, kk yang sudah menyesuaikan” Kata Rowi Rawatianice, Kepala Disdukcapil Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengharapkan agar para kepala desa dan lurah dapat memanfaatkan  program nasional ini. Hal ini untuk membantu pemerintah dalam melakukan pendataan penduduk yang lebih baik lagi.

“kepada para kepala desa tadi sudah di wakili oleh 4 orang tadi, saya harapkan agar data pokok ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, dan tentu saja inputnya dari bawah, dari kepala desa dan kelurahan, tetapi dengan aplikasi yang kita miliki, kita bisa memantau data ini se kabupaten, sekali lagi saya garis bawahi, kalau data ini bagus, ini sempurna, lengkap, maka yang mempunyai kewenangan yang menginput itu adalah pemerintah desa dan kelurahan” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Target nasional di tahun 2022, minimal 10 desa atau kelurahan di setiap Kabupaten Kota menerapkan BPP ini. Sehingga di tahun 2023, penerapannya dapat 100 persen. Di tahun 2022, Disdukcapil Tabalong sudah menyiapkan 131 buku pokok pemakanan, dengan menggunakan dana APBD Tabalong. Sehingga diharapkan tahun ini dapat terealisasikan 100 persen diseluruh desa dan kelurahan di Tabalong. (Muhammad Ariadi, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment