Ada Yang Beda Saat Apel Rutin Gabungan, Pemkab Tabalong Peringati HUT ALRI Divisi IV A

TVTABALONG.COM – Saat apel rutin gabungan senin lalu, Pemerintah Kabupaten Tabalong peringati hari ulang tahun ALRI Divisi IV A yang ke 69 tahun. Peringatan dilakukan dengan cara memberikan penghormatan dan pembacaan sejarah singkat perjuangan , untuk mengenang jasa para pahlawan.

Pada upacara rutin gabungan kali ini, dilaksanakan sedikit berbeda dari biasanya, karena juga turut diperingati hut ke 69 tahun tentara ALRI Divisi IV A Kalimantan Selatan. Selain memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur, pada peringatan ini juga dilakukan pembacaan sejarah singkat perjuangan tentara ALRI Divisi IV A. Hal ini dilakukan  untuk mengenang jasa para pahlawan tentara ALRI Divisi IV A.

Dalam sejarah singkat perjuangan tentara ALRI Divisi IV, disebutkan bahwa pada tahun 1994, Tabalong pernah hampir mengalami perang besar.  Perang tersebut terjadi pada tanggal 1 Januari, dimana pada saat itu, pasukan tempur ALRI Tabalong di bawah komando Martinus melakukan penyerangan terhadap polisi Belanda di Kecamatan Haruai , namun pada saat bersamaan polisi Belanda berhasil melarikan diri, sehingga kota haruai dapat dikuasai. Sedangkan untuk serangan kedua terjadi pada tanggal 3 Januari, dimana pada saat itu tentara ALRI melakukan pergerakan dari pos pertahanan Mahe untuk meyerangan polisi Belanda yang berada di kota Tanjung.

Sementara menurut pengamat sejarah Tabalong, Makhlian menjelaskan, sebelum melakukan penyerangan terhadap penjajah, tentara ALRI terlebih dahulu telah melakukan pertemuan rahasia untuk mengatur strategi penyerangan.

Selain itu, Makhlian, juga menjelaskan, para pejuang melakukan penyerangan kepada polisi Belanda hanya dengan menggunakan senjata buatan tangan,  seperti pucuk karabyin, tombak, mandau, parang, dan senjata buatan lainnya.

(Purnamasari )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: