KPH Tabalong Buat Desain Tapak Wisata Alam Bagi 2 Obyek Wisata di Jaro

Pengembangan dua wisata alam yang ada di Kecamatan Jaro terus dilakukan. Tahap awal pengembangan, dilakukan dengan pembuatan desain tapak wisata alam, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Desain tapak wisata alam, akan dijadikan acuan pengelolaan pariwisata di dua objek wisata tersebut.

TVTABALONG.COM – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong membuat desain tapak wisata alam, bagi 2 objek wisata di Tabalong. Yaitu desain tapak wisata alam Goa Liang Tapah di Desa Garagata, dan Gunung Karamo Desa Teratau Kecamatan Jaro.

Sesuai dengan desain tapak yang dibuat, kedua objek wisata alam tersebut akan memiliki ruang publik dan ruang usaha penyedia jasa atau ruang sarana pariwisata alam.

Ruang publik di objek wisata Goa Liang Tapah, memiliki luas 28,9 hektar. Dengan ruang usaha yang terletak di atas Bukit Batu Kumpai, seluas 76,7 hektar.

Sedangkan untuk wisata Gunung Karamo, direncanakan memiliki ruang publik seluas 82,7 hektar, dan ruang usaha seluas 153 hektar.

Saat ditemui tvtabalong.com usai kegiatan konsultasi publik, desain tapak wisata alam Goa Liang Tapah dan Gunung Karamu, kamis 25 Oktober tadi, kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong Heriyadi Mengatakan, pembuatan desain tapak ini merupakan tahapan awal pengembangan kedua objek wisata tersebut.

Sementara itu, direktur usaha jasa lingkungan dan hasil hutan bukan kayu Kementerian Lingkungan Hidup, Djohan Utama Perbatasi , menganggap penting pengembangan wisata alam di kawasan hutan. Lantaran mampu menjadi penyumbang devisa hingga menjaga ekosistem lingkungan.

Lebih lanjut desain tapak ini nantinya akan disahkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Apabila sudah disetujui, selanjutnya akan dilanjutkan dengan penyusunan masterplan hingga pembangunan fisik.(tvtabalong.com/M.Rais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: