6 DPRD Belajar Ke Tabalong Soal Pengawasan Dewan & LKPJ

by admintv
0 comment

TV Tabalong – DPRD Kabupaten Tabalong menerima secara bersamaan, kedatangan enam DPRD Kabupaten – kota dari luar daerah, pada Jumat 8 April 2022. Keenam DPRD ini membahas materi terkait pengawasan dewan, dan laporan keterangan pertanggung jawaban atau LKPJ pemerintah daerah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Jurni mengatakan, kedatangan enam DPRD luar daerah secara bersamaan ini tidak disengaja. Dikarenakan materi yang dibahas sama, akhirnya pembahasan dilakukan di waktu dan tempat yang sama pula, sehingga pertukaran pikiran yang terjadi lebih banyak antar dprd.

 “Nah kita pada intinya bertukar pikiran, artinya bukan kita menggurui mereka namun karena mereka yang datang kesini, lebih banyak mereka yang selalu menanyakan apa kegiatan-kegiatan kita disini, mengenai masalah tugas kedewanan maupun terhadap LKPJ yang baru saja disampaikan oleh Pak Bupati, ya alhamdulillah kita sampaikan aja apa adanya.” Kata Jurni, Wakil Ketua DPRD Kab. Tabalong.

Anggota panitia khusus LKPJ DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Ahmad Yani menilai, pembahasan LKPJ di Kabupaten Tabalong sangat baik karena melibatkan seluruh stakeholder, hingga akhirnya menghasilkan bentuk rekomendasi DPRD. Ia juga mengapresiasi, atas profesionalitas dprd kabupaten tabalong dalam memberikan penilaian terhadap lkpj, dan akan berusaha mengimplementasikan di daerahnya.

“Akan betul-betul mengkaji, akan betul-betul menelaah secara detail laporan keterangan pertanggungjawaban bupati itu dan tentu ukurannya bahwa itu adalah harus sesuai dengan RPJMD-nya, kemudian renstra, renja itu harus clear, target capaian kinerjanya juga harus clear, dan tentu itu juga sangat bermanfaat dan berguna bagi kami sebagai referensi apa yang kami dapat di DPRD Kabupaten Tabalong.” Kata Ahmad Yani, Anggota Pansus LKPJ DPRD Kab. Kukar.

Wakil ketua DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah menceritakan, pembahasan LKPJ di daerahnya akan dilakukan dalam waktu dekat, oleh karena itu pihaknya terlebih dahulu melakukan kaji banding terkait hal ini. Ia pun berharap, informasi yang mereka peroleh dapat diterapkan sehingga lkpj kabupaten katingan jadi lebih baik.

 “Ya harapan kami setelah melakukan, menggali informasi ini, keinginan kami terkait pemberian rekomendasi untuk penyelenggaraan pemerintah daerah khususnya Kabupaten Katingan Tahun 2021 nanti bisa lebih baik.” Kata Nanang Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Kab. Katingan.

Pertemuan DPRD Kabupaten Tabalong bersama enam DPRD luar daerah ini, merupakan yang terbanyak dan pertama kalinya. Pertemuan dilakukan bersama total 70 orang, berasal dari DPRD Kota Samarinda, Kota Balikpapan, kabupaten kutai kartanegara, kabupaten barito selatan, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten katingan. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment