Home / Tabalong Hari Ini / Infrastruktur / 5 Jalan Desa Terisolir Segera Diperbaiki, PUPR Siapkan Dana 20 M

5 Jalan Desa Terisolir Segera Diperbaiki, PUPR Siapkan Dana 20 M

TVTABALONG.COM – Setidaknya ada lima desa kategori terisolir di Tabalong yang direncakanan mendapat perbaikan jalan. Diantaranya Desa Salikung dan Sungai Kumap di Kecamatan Muara Uya, serta Desa Dambung Raya, Hegar Manah dan Misim di Kecamatan Bintang Ara, dengan perbaikan sepanjang 49 km.

Ditemui saat acara launching loket pelayanan infrastruktur beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tabalong, Noor Rifani mengatakan, pihaknya telah menganggarkan dana sebanyak Rp 20 milyar untuk perbaikan dan peningkatan kualitas jalan.

Rencana perbaikan dilakukan secara bertahap, mulai dari perapian tebing curam, drainase, dan pembangunan jalan beton dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Hal tersebut guna memudahkan jalur transportasi masyarakat saat kondisi cuaca ekstrem.

Perbaikan jalan rencananya dimulai pada bulan Agustus, dimana saat ini program tersebut masih dalam proses lelang. Diharapkan perbaikan jalan nantinya dapat melepaskan predikat desa terisolir di lima desa tersebut.

“harapan kami disana supaya jangan terulang lagi, dibikin jalan yang mantap dulu. Misalnynya ada rigid 1,5 meter, jadi walaupun hujan seperti apa, masyarakat atau mobil kecil bisa lewat” kata Kadis PUPR Tabalong, Noor Rifani

Lebih lanjut Noor Rifani menjelaskan, perbaikan jalan di desa terisolir dinilai lebih sulit, karena perlu penanganan khusus. Karena saat memasuki musim penghujan, kondisi jalan dapat dikatakan ekstrem dan berlumpur, sehingga sulit untuk dilewati.

Syarif Hidayat

Check Also

Dinas PUPR Tabalong Libatkan TP4D Awasi Proyek Strategis

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, meminta pengawasan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: