406 Dari 442 CJH Tabalong Lunasi Biaya Haji 2019 Tahap Pertama

TVTABALONG.COM – Kementerian Agama Tabalong menetapkan 442 calon jamaah haji Tabalong, berhak melakukan pelunasan biaya haji tahun 2019. Namun hingga batas waktu akhir pembayaran 15 april lalu, hanya 406 calon jamaah haji yang melakukan pelunasan tahap pertama.

Sementara untuk 36 calon jamaah lainnya, menurut data Kementerian Agama Tabalong, tidak dapat melakukan pelunasan, dikarenakan alasan kesehatan, keluarga, keuangan, dan kondisi meninggal dunia.

Kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Tabalong, Nabhan Fansuri, menjelaskan, calon jamaah yang menunda keberangkatan, akan masuk sebagai daftar tunggu tahun depan. Sementara nomer porsi calon jamaah yang meninggal dunia sebelum keberangkatan, dapat dilimpahkan ke ahli waris.

“kalau menurut ketentuan bahwa calon jamaah haji yang menunda tahun ini maka itu akan menjadi calon jamaah haji prioritas diberangkatkan tahun depan” kata Nabhan

“artinya dia akan menjadi calon jamaah haji daftar tunggu lagi tahun depan,jadi tetap diberi kesempatan pelunasan tahun depan”

“jika ada calon jamaah haji meninggal dunia itu bisa dilimpahkan nomer porsinya kepada ahli waris, bisa kepada anaknya, bahkan cucunya, kepada menantu bisa” lanjutnya

Sesuai petunjuk pelaksanaan pelunasan haji tahun 2019, jika dalam proses pelunasan tahap pertama masih menyisakan kouta haji, maka kuota tersebut akan diprioritaskan pada jamaah yang mengalami gagal sistem, jemaah yang berstatus haji, pendamping lanjut usia yang lunas tahap pertama, penggabungan marham, dan lanjut usia yang memenuhi syarat.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: