3 Puskesmas Ini Disiapkan Untuk Jadi Layanan Rawat Inap

TVTABALONG.COM – Dinas Kesehatan Tabalong tengah mempersiapkan, peningkatan kapasitas 3 puskemas menjadi puskesmas rawat inap. Hal tersebut tengah disusun dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2019-2024.

3 puskesmas yang akan ditingkatkan menjadi layanan rawat inap adalah Puskesmas Tanta, Puskesmas Wirang, dan Puskesmas Bintang Ara. Ketiga puskesmas, ini dipilih karena letaknya yang tergolong jauh  dari area perkotaan.

Kepala Dinas Kesehatan, Taufiqurrahman Hamdie mengatakan ada beberapa pertimbangan peningkatan kapasitas ketiga puskesmas ini. Seperti aksesbilitas masyarakat yang rawan mendapat layanan cepat, dan akses masyarakat terpencil yang sulit menjangkau perkotaan.

“Jadi rencananya di tiga puskesmas, yaitu Puskesmas Bintang Ara, Puskesmas Wirang dan Puskesmas Tanta” kata Taufiq

“Tujuannya untuk meningkatkan aksesibilitas  masyarakat yang rawan terhadap pelayanan (kesehatan)”

“lokasi ketiga puskesmas itu dianggap strategis, sehingga akan kita tingkatkan menjadi rawat inap untuk mengcover wilayah-wilayah tertentu yang sudah kita hitung sebagai daerah yang aksesibilitasnya cukup rendah”Tambah Kadis Kesehatan tersebut

Taufiq menambahkan ketiga puskemas yang akan ditingaktkan menjadi rawat inap ini akan realisasi di tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya telah ada 3 puskesmas di Tabalong yang merupakan puskesmas rawat inap, yaitu puskesmas Kelua, Muara Uya, dan Haruai.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: