24 Kartu Keluarga Sejahtera Tidak Berfungsi, Ini Kata Kepala Dinsos Tabalong

TVTABALONG.COM – Sebagian keluarga penerima manfaat BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) pusat, belum bisa mencairkan bantuan yang seharusnya mereka terima. Pasalnya terdapat 24 KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang tidak berfungsi atau malfungsi.

Malfungsi KKS ini dibenarkan oleh TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Tanjung, Armadi. Ia menjelaskan, situasi semacam ini belum pernah terjadi. Hingga kini  pihaknya masih kebingungan dan  tengah mencari tahu penyebab tidak berfungsinya KKS ini.

“Kalau biasanya tu kebanyakan terblokir karena salah pin, atau saldo masih nol itu aja yang sering terjadi” jelas Armadi.

“Kalau kasus yang baru ini, kartunya tertutup total, gak bisa diapa-apain. Begitu kita bawa ke bank penyalur, ternyata kartunya harus diganti baru”

“penyebab tertutupnya kartu itu sampai saat ini kami belum tahu” kata Armadi lagi.

Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Sosial Tabalong, Yuhani, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab malfungsinya KKS tersebut.

Namun ia menduga malfungsi kartu kemungkinan disebabkan kekosongan transaksi, atau kartu pasif. Namun untuk memastikan penyebab dan penanganannya, pihak Dinsos kan mengkonfirmasikan masalah ini ke pihak bank penyalur bantuan, maupun ke pihak Kementerian Sosial.

“Statusnya di closed, berarti dikeluarkan” jelas Yuhani

“kemungkinan penyebab pertama adalah kartunya pasif, selama beberapa bulan terakhir, kartu pasif” ucapnya lagi.

Baca Juga : Nominal Bantuan PKH Bertambah, Ini Jumlahnya

Berdasarkan data Dinas Sosial, saat ini ke 24 kartu keluarga sejahtera yang tidak berfungsi tersebut, tersebar hampir di seluruh kabupaten Tabalong.

Situasi serupa bisa terjadi karena kekosongan transaksi selama 3 bulan beruturut-turut, dan mengakibatkan pemblokiran kartu dari pihak bank penyalur bantuan

“dulu kita sudah sarankan kalau 3 bulan tidak mengambil, maka uangnya akan dikembalikan ke kas negara” ucap Yuhani

“Tapi kita akan cek lagi, informasi dari pihak bank katanya ini pasif”

“Kalau memang mereka aktif, tapi dikeluarkan, kita akan urusi untuk diaktifkan kembali (kartu KKS)” tutup Kepala Dinas Sosial Tabalong.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: