Home Editor's Picks 232 Usulan Musrenbang Murung Pudak Mayoritas Infrastruktur

232 Usulan Musrenbang Murung Pudak Mayoritas Infrastruktur

by tabalong hari ini
0 comment

Bappedalitbang Tabalong kembali menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2024 di tingkat Kecamatan Murung Pudak, Kamis 9 Februari 2023. Pada Musrenbang ini, 232 usulan berhasil dihimpun, dengan didominasi usulan bidang infrastruktur.

Usulan tersebut disampaikan Camat Murung Pudak berdasarkan hasil Musrenbang di tingkat desa kelurahan yang berjumlah 5 desa dan 5 kelurahan di Murung Pudak.

Dari 232 usulan yang disampaikan 158 usulan atau sekitar 68 % diantaranya merupakan usulan di bidang infrastruktur, 50 usulan atau 22 % bidang pelayanan publik, serta 24 usulan atau 10 % di bidang ekonomi .

Menyikapi usulan tersebut, Kepala Bappedalitbang Tabalong, M. Noor Rifani dalam sambutan nya menyampaikan, melalui forum Musrenbang ini ratusan usulan yang disampaikan akan dipilah menjadi usulan skala super prioritas, mengingat keterbatasan ruang fiskal Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Dan saya yakin ini merupakan kebutuhan dan prioritas, kada mungkin kira-kira buhan pian me input ini yang kada prioritas ya kalo semua tentu prioritas. Nah jadi permasalahan nya cuma satu ini keterbatasan ruang fiscal kita, memang klasik tapi ini kenyataan yang harus kita hadapi oleh karena itu bapak ibu kita harus bermusyawarah hari ini yang mana kira-kira yang prioritas-prioritas tadi menjadi skala super prioritas,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Tabalong Mawardi dalam sambutannya saat membuka kegiatan Musrenbang. Mawardi menuturkan, melihat luasnya cakupan perencanaan pembangunan, disamping harus mengakomodir seluruh kepentingan dan tuntutan masyarakat, maka ada faktor lain yang harus menjadi pertimbangan.

Baca Juga  Bupati Anang Ajak Pemuda Tabalong Sukseskan Percepatan Vaksinasi

“Maka perumusan perencanaan pembangunan harus dilakukan secara cermat dan akurat dengan mempertimbangkan skala prioritas. Sementara itu keinginan warga yang sudah diusulkan namun belum bisa diakomodir dalam Musrenbang ini, akan tetap dijadikan bahan perumusan perencanaan pembangunan pada tahap berikutnya,” kata Wakil Bupati Tabalong Mawardi.

Mawardi menambahkan, Musrenbang Kecamatan sendiri merupakan salah satu tahapan untuk validasi data yang diarahkan agar perencanaan pembangunan di Tabalong lebih berkualitas.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment