Lanting Paring, Daya Tarik Wisata Di Loksado

TVTABALONG.COM, HSS – Loksado, daerah pegunungan yang ada di kabupaten Hulu Sungai Selatan ini sudah sangat dikenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain memiliki pemandangan alam pegunungan, loksado juga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena terkenal denagan lanting paringnya.

Lanting paring sendiri merupakan batang bambu atau paring yang disusun dan diikat dengan tali, yang kemudian digunakan untuk mengarungi sungai amandit, yang dibawa oleh pengemudi lanting, biasa dipanggil joki berpengalaman.

Menurut penuturan seorang joki, jika hari minggu  atau hari libur lainnya, maka sudah dapat dipastikan terjadi antrian para wisatawan untuk menaiki lanting paring. Ia juga menuturkan, bukan hanya wisatawan lokal yang berminat, namun waisatawan mancanegara juga sangat berminat untuk menaiki alat transfortasi ini.

Minat dari para wisatawan untuk menaiki lanting paring terus terbertambah, hanya denga tarif sebesar Rp 300 ribu untuk maksimal 3 orang penumpang, pengunjung bisa mengarungi sungai amandit dengan jarak ditempuh selama 2 jam perjalanan menuju desa Niih, kecamatan  Loksado.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: