2 Poktan di Kec. Muara Uya Bakal Terima Bantuan Saprodi Penangkaran Bawang Merah

TVTABALONG.COM – Kelompok tani maju bersama di Desa Lumbang, dan kelompok tani di Desa Pasar Batu Muara Uya, tahun 2019 ini dipastikan akan kembali mendapatkan Sarana Produksi pertanian melalui dana APBD II.

Saprodi (sarana produksi) yang akan diterima kedua kelompok tani tersebut,  berupa penangkaran bawang merah.

Saprodi yang akan disalurkan Dinas Pertanian ini diperuntukkan bagi lahan seluas 2 hektar. Berupa bantuan bibit bawang merah, pupuk, serta obat-obatan untuk budidaya bawang merah tersebut.

Kepala seksi sayuran dan biofarmaka bidang hortikultura Dinas Pertanian Tabalong, Sri Astuti, menerangkan, bantuan bibit dan pupuk serta obat-obatan untuk kelompok tani di Muara Uya ini, diperkirakan senilai Rp 15 juta per hektar.

“saprodinya itu berupa kapur sebanyak 1 ton, kemudian ada pupuk organik 1 ton, kemudian ada pupuk ZA,NPK, SP 36 dan fungsidanya, jadi kita mendukung di sarana produksinya” jelas Sri

“untuk anggaran saprodi ini kita alokasikan sekitar Rp. 15 juta” tambah Sri.

Sri menambahkan, Dinas Pertanian sengaja memilih dua kelompok tani tersebut, karena para petani tersebut sebelumnya telah berpengalaman dan berhasil membudidayakan bawang merah.

Para petani juga umumnya siap mengeluarkan dana tambahan dari modal sendiri, dalam budidaya bawang merah, dan tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: