Home Tabalong Hari IniPemerintahan 2 Kades di Tabalong Terima Penghargaan Paralegal Justice Awards

2 Kades di Tabalong Terima Penghargaan Paralegal Justice Awards

by tabalong hari ini
0 comment

Dua Kepala Desa dari Kabupaten Tabalong berhasil menyabet sejumlah penghargaan di ajang Anugerah Paralegal Justice Awards 2023 yang digelar Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada Kamis, 1 Juni 2023, di Jakarta.

Pada malam Anugerah Paralegal Justice Award ini, Kepala Desa Tanta Budi Irianto dan Kepala Desa Padang Panjang Bumukti berhasil meraih penghargaan pada dua kategori, yaitu kategori Nonlitigation Peacemaker (NLP) dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita (ASDJ).

Berkat kedua penghargaan tersebut, keduanya juga berhak mendapatkan Penghargaan Paralegal Justice Award atau PJA.

Dijelaskan Kepala Bagian Hukum Setda Tabalong, Norma Zahriati, usai menghadiri silaturahmi kedua Kepala Desa bersama Bupati Tabalong Anang Syakhfiani belum lama tadi menjelaskan bahwa sebelumnya Budi dan Bumukti diusulkan oleh Pemerintah Daerah untuk mengikuti ajang tersebut. Keduanya pun bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

“Dari kita mengusulkan pertama kali ada 718 peserta, kemudian disaring lagi ada 500, kemudian dilakukan audisi penilaian itu kita masuk di 300. Dari penilaian pada saat mereka mengikuti Academy Paralegal Justice Awards ini masuk ke dalam 150 peserta, kemudian penilaian pada saat penutupan ini mereka masuk ke dalam 20 besar se-nasional,” ujar Norma Zahriati, Kepala Bagian Hukum Setda Tabalong.

Dalam ajang ini, kedua Kepala Desa berhak membawa piagam, pin, dan piala penghargaan. Para Kepala Desa yang meraih penghargaan ini juga berhak menambahkan gelar NLP di belakang namanya.

Baca Juga  Besok, 112 Jamaah Haji Tabalong Klaster 13 Berangkat

Diketahui, penghargaan Nonlitigation Peacemaker sendiri berhasil diraih oleh 2 Kepala Desa tersebut, lantaran sosok Kepala Desa dinilai mampu untuk menjadi juru atau hakim perdamaian di tengah konflik yang terjadi di desanya masing-masing.

Sementara untuk penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita mampu diraih, lantaran masyarakat dari 2 desa tersebut dinilai mandiri di bidang ekonomi, peduli wisata, serta sadar akan kebijakan hukum yang berlaku.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment