TVTABALONG.COM, Tanjung- Pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri, wacanakan penambahan kolom baru pada kartu keluarga. Terdapat penambahan informasi pada format kartu keluarga yang baru, yaitu jenis golongan darah dan status pernikahan.

Ketentuan perubahan format baru kartu keluarga,sesuai dengan peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 118 tahun 2017. Berdasarkan permendagri tersebut  ada dua kolom yang ditambahkan, yakni golongan darah, dan surat nikah.

Penambahan kolom baru golongan darah, berguna untuk mengetahui status golongan darah, Sehingga memudahkan dalam mengetahui golongan darah yang dibutuhkan, saat mengalami masalah kesehatan.

Sedangkan kolom baru surat nikah, berguna untuk mengetahui status pernikahan di masyarakat, baik diri sendiri atau orang tua. Nantinya dapat mengetahui apakah menikah secara hukum negara, atau sah secara agama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tabalong, H. Suryanadie, mengatakan, penerapan pemberlakuan penambahan kolom baru kartu keluarga di wilayah Kabupaten Tabalong, masih menunggu perubahan aplikasi dan blanko dari Kementrian Pusat.

Suryanadie menambahkan, apabila penerapan pemberlakuan penambahan kolom kartu keluarga sudah diberlakukan. Diharapkan sebelum melakukan pembaharuan kartu keluarga, agar masyarakat memastikan jenis golongan darahnya.

Check Also

Disdukcapil Masih Tunggu Tinta Khusus Untuk Cetak KIA

TVTABALONG.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong telah menerima ribuan berkas data anak  …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: