1.200 Rumah di Tabalong Bakal Diperbaiki Melalui Program BSPS

TVTABALONG.COM – Tahun 2019, pemerintah Kabupaten Tabalong kembali mendapatkan program bantuan stimulan perumahan swadaya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rebuplik Indonesia. Bantuan perbaikan rumah tak layak huni tersebut, diperuntukkan bagi 1.200 rumah, yang tersebar di wilayah Tabalong.

Jumlah tersebut terbagi dalam dua jenis dana. 750 unit rumah akan dibantu dengan dana strategis. Sedangkan 450 unit menggunakan dana reguler.

Baca Juga :

Bantuan dengan dana strategis kini sudah verifikasi lapangan by name by adress. Sedangkan untuk dana reguler, saat ini masuk verifikasi ke Kementerian.

Jika dibandingkan dengan tahun 2018, jumlah penerima bantuan BSPS tahun ini meningkat drastis.

Tahun lalu penerima bantuan perbaikan rumah ini hanya bagi 366 unit rumah, tahun ini meningkat sebanyak 834 unit. Selain jumlah rumah, kenaikan juga terjadi pada jumlah dana yang diterima setiap rumah.

“untuk BSPS tahun 2019 ada peningkatan dari tahun tadi, tahun 2018 ada 15 juta, tahun 2019 ada 17, 5 juta per unit.” ucapKasi Penyediaan Dan Pelaksanaan Perumahan Disperkimtan Tabalong, Amin Suratno

“Jadi ada penambahan Rp 2,5 juta. Rp 15 juta untuk bahan, dan  rp 2, 5 juta untuk upah tukang” tambah Suratno

Amin Suratno menambahkan, kenaikan jumlah penerima BSPS Tabalong tahun ini disebabkan karena pemerintah daerah dianggap sukses menjalankan program ini.

Selain itu program ini juga mendapat dukungan pemerintah daerah, yang juga menggarkan dana perbaikan rumah bagi RTLH, di luar bantuan pusat.

Pelaksanaan BSPS dengan dana strategis diperkirakan akan dikerjakan bulan Juni mendatang, karena masih menunggu SK Kementerian. Sedangkan untuk dana reguler, diperkirakan terlaksana bulan desember.

Reporter : Sherly Nova Arianti  | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: