YABN Kembangkan Pertanian Organik

TVTABALONG.COM – Sejumlah petani binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri, kembangkan pertanian organik. Pertanian yang dikembangkan di lahan gersang tersebut, bahkan mampu menghasilkan sayuran segar, yang siap di tampung salah satu hotel di Tabalong.

Awal tahun 2018 lalu, pengembangan pertanian organik oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani Sukamaju Kambitin, mulai dilakukan. Dalam pengembangan pertanian organik ini, para petani dibina oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri  (YABN)

Dilahan sepertiga hektar ini, petani mampu menanam berbagai jenis sayuran, seperti terong, kangkung, bayam, tomat, serta daun bawang, tanpa menggunakan bahan kimia sintesis.

Direktur YABN Okty Damayanti mengatakan, sebelumnya petani setempat masih terbiasa menggunakan bahan kimia. Sehingga merubah cara berpikir petani tersebut memerlukan waktu dan usaha yang sulit.

Meski belum maksimal, sayuran yang di tanam di lahan sepertiga hektar ini, ternyata mampu menarik perhatian pengusaha di Tabalong. Salah satunya Hotel Aston Tanjung, yang siap menjalin kerjasama untuk menampung sayuran organik, dalam memenuhi kebutuhan bahan sayur di hotel.

Ke depan, Yayasan Adaro Bangun Negeri juga bertekad memperluas jangkauan binaan pengembangan pertaian organik di Tabalong. Selain di Desa Kambitin, pertanian organik juga akan mulai dikenalkan di pertanian Muara Uya.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: