Waspada Ancaman Penyakit Jamur Akar Putih Pada Karet

Penyakit jamur akar  putih, yang menyerang  tanaman karet warga Tabalong, mengakibatkan batang membusuk.  Akibat serangan penyakit pada bagian akar ini, mebuat  tanaman karet mati.

Serangan jamur akar putih,  biasanya mulai tampak pada tanaman menjelang umur dua tahun, dan mulai menjangkit umur empat sampai lima tahun. Meski begitu, penyakit ini jarang ditemui pada tanaman karet yang sudah tua.

Tanaman yang terkena penyakit jamur akar putih, dapat dilihat dari beberapa indikasi. Seperti daun yang kering, terdapat serat-serat putih pada bagian akar, berbuah sebelum waktunya,  dan pada bagian  bawah batang terdapat jamur akar putih.

Mantri perkebunan pada Dinas Pertanian Tabalong, Noor Azizah menyebutkan, dari  total luas karet di Tabalong,  ditemukan sekitar tiga puluh persen tanaman karet yang teserang penyakit jamur akar putih. Yaitu untuk serangan ringan sebanyak 14.701, dan serangan berat sebanyak 7041.

Penyakit jamur akar putih dapat menurunkan produktivitas getah karet, serta dapat mematikan pohon karet.  Untuk mencegah tanaman karet tidak terkena penyakit jamur akar putih, dapat dilakukan dengan menanam tanaman obat disekitar pohon, seperti tanaman jahe, dan lidah mertua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: