Ternyata Asi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Ibu Setelah Melahirkan

TVTABALONG.COM – Selain bermanfaat sebagai makanan terbaik bagi bayi, ternyata asi memiliki banyak manfaat lain, bagi ibu yang menyusui. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan.

Memberikan asi pada anak, dipandang efektif untuk menurunkan berat badan ibu, pasca melahirkan.

Hal tersebut dibenarkan kepala seksi kesehatan keluarga dan gizi Dinas Kesehatan, Catur Yudha Murtopo.

Catur memaparkan seorang ibu yang mneyusui, membutuhkan 700 kalori perharinya, yang mana 500 kalori diambil dari asupan makanan ibu sehari-hari, dan 200 kalori lainnya, diambil dari cadangan lemak pada tubuh ibu.

Cara ini pun dipandang efektif apabila menurunkan berat badan, apabila menyusui dalam waktu genap hingga bayi berumur 2 tahun.

Catur menambahkan, menerapkan cara diet dengan asi, ibu harus dengan cara memperhatikan posisi menyusui yang benar.

Dimana posisi telinga dengan bahu bayi satu garis  lurus. Bibir terbuka lebar dengan sempurna, dagu menyentuh payudara, hidung agak menjauh dari payudara dan bernafas dengan baik.

Dengan posisi meyusui yang benar, maka asi yang dihasilkan akan lebih maksimal, dan jumlah kalori yang dikeluarkan pun lebih banyak.

Disamping itu, ibu juga harus memastikan asi benar-benar kosong, baru berpindah asi kebagian berikutnya. Pasalnya asi pada bagian akhir mengandung banyak lemak. Sehingga jika hal itu terlewatkan, cara diet yang dinginkan dipastikan belum maksimal.,

Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: