Tarian Unik Asal Desa Pangelak Ini Meriahkan Festival Seni Siswa Nasional Tabalong

TVTABALONG.COm – Ada yang menarik pada pagelaran festival dan lomba seni siswa nasional tingkat sekolah dasar di kabupaten Tabalong tahun 2018. Salah satu peserta lomba menampilkan tarian tradisional dengan pakaian adat, diiringi musik asli Desa Pangelak kecamatau Upau.

Pada pagelaran festival dan lomba seni siswa nasional tingkat sekolah dasar di kabupaten Tabalong tahun 2018, salah satu peserta menampilkan tarian  dengan memakai pakaian adat serta iringan musik khas daerahnya.

Tari Pondok Keor, begitulah Laimawati selaku pencipta tari tersebut menyebutnya, ia menceritakan terciptanya tarian tersebut terinspirasi karena kearifan lokal di daerahnya, Pondok Keor sendiri diartikan pondok kecil yang dibangun petani, dan dapat dipindahkan kemana-mana.

Dengan potensi kearifan lokal di desanya, memotivasi Laimawati menuangkannya menjadi sebuah karya seni tari yang unik, menarik, original, visual dengan berpatokan pada budaya lokal.

Kepala seksi peserta didik dan pembangunan karakter Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, H. Shopia Elhadi menuturkan, total ada 42 peserta yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat kecamatan mengikuti lomba seni, lomba terbagi dari empat jenis kategori yaitu seni tari, gambar bercerita, pantomim, dan lomba menyanyi.

Shopia menambahkan,  festival dan lomba seni siswa tingkat sekolah dasar, bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa untuk membangun karakter di tiap daerah.

Untuk diketahui, juara I pada tiap-tiap kategori lomba nantinya akan mewakili kabupaten Tabalong, di tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Lomba tersebut rencananya akan diselenggarakan bulan Agustus mendatang.

(Syarif Hidayat )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: