Tambang Batubara di Lumbang, Begini Kata Kepala DLH Tabalong

TVTABALONG.COM – Aktivitas penambangan di Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya, diduga kuat ilegal. Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup mengaku tidak pernah mengeluarkan surat izin, terkait aktivitas penambangan batu bara di desa tersebut.

Sejak januari 2018 lalu hingga sekarang, Dinas Lingkungan Hidup Tabalong tidak pernah mengeluarkan izin lingkungan, untuk aktivitas penambangan di Tabalong. Dimana surat izin itu dikeluarkan sebagai salah satu dokumen wajib dalam mengurus izin operasi penambangan batu bara.

Sebelum menerbitkan izin lingkungan itu, diperlukan dokumen pendukung dan beberapa proses yang dilalui. Seperti dokumen analisis mengenai dampak lingkungan atau amdal, atau upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan, UKL – UPL.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice, sejauh ini pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin lingkungan, untuk operasional penambangan batu bara di Desa Lumbang Kecamatan Muara Uya. Dan setiap penambangan yang tidak memiliki izin maka dianggap ilegal.

Seperti diberitakan sebelumnya, Warga Desa Lumbang kecamatan Muara Uya mengeluhkan adanya aktivitas penambangan batu bara di lahan milik warga setempat. Pihak warga pun meminta pihak terkait untuk menghentikan aktivitas tersebut. Pasalnya dapat berakibat pada kerusakan lingkungan sekitar, khususnya sungai di desa setempat yang berdampingan dengan aktivitas penambangan.

(M. Rahmadi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: