Tahap II Penilaian Adipura

Memasuki tahap kedua penilaian Adipura, terdapat penambahan indikator penilaian . Semula indikator penilaian hanya berjumlah sebanyak 15 indikator, dalam penilaian tahap kedua, indikator penilaian menjadi 18 indikator.

Dalam proses penilaian Adipura tahap kedua, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menambahkan sebanyak tiga indikator dari penilaian sebelumnya. Indikator tersebut meliputi, kampanye bebas sampah, car free day, dan sarana ibadah.

Selain mengalami penambahan dalam indikator penilaian, titik pantau pun juga turut mengalami penambahan. Pada penilaian tahap pertama,  titik  pantau hanya 30 titik, namun  dalam penilaian tahap kedua, titik pantau penilaian bertambah menjadi 35 buah.

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rowi Rawatianice, mengaku telah melakukan persiapan, terhadap tiga indikator yang menjadi penambahan dalam penilaian tahap kedua. Bahkan dalam salah satu indikator tambahan tersebut, yaitu car free day, telah dilaksanakan sejak 2008 lalu di Tabalong .

Sebelumnya, dalam penilaian tahap satu Adipura pada november 2017 lalu, Tabalong telah lulus, dengan nilai poin 76 koma 65, dengan mengedepankan berapa indikator unggulan, meliputi taman kota, hutan kota, dan perairan terbuka. Nilai  tersebut ternyata telah berada diatas standar yang telah di tetapkan kementrian lingkungan hidup, yaitu sebesar 75 point.(tvtabalong.com/M.Rahmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: