Tabalong Turut Canangkan Imunisasi Measless Rubella

TVTABALONG.COM – Imunisasi Measles Rubella (MR), dicanangkan serentak di sejumlah kabupaten kota di Indonesia, pada 1 Agustus. Pencanangan juga dilakukan pemerintah kabupaten Tabalong, di Puskesmas Mabuun. Dinas Kesehatan Tabalong targetkan setidaknya 71.546 anak di Tabalong, yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun mendapatkan imunisasi ini.

Tabalong, menjadi salah satu kabupaten kota yang ikut mencanangkan imunisasi Measles Rubella (MR) sertentak, pada 1 Agustus 2018. Imunisasi MR merupakan upaya Kementerian Kesehatan untuk mengeliminasiĀ  penyakit campak, dan mengendalikan penyebaran rubella.

Dinas Kesehatan Tabalong menargetkan, sebanyak 71.546 anak di Tabalong mendapat imunisasi ini. 18 puskesmas yang tersebar diseluruh kecamatan di Tabalong, di tunjuk sebagai pelaksana imunisasi MR.

Imunisasi MR ditujukan bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Pelaksanaan imunisasi akan dibagi dalam dua tahapan. Tahap pertama pada bulan Agustus, dilakukan disetiap sekolah, baik dari tingkat TK, SD, maupun SMP sederajat. Sedangkan tahapan kedua dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, sepeti posyandu, polindes, dan puskesdes.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, yang mencanangkan imunisasi, meminta peran aktif semua pihak, untuk mensukseskan program ini. Pasalnya program imunisasi yang digalakan pemerintah pusat ini merupakan pertama dilakukan di Tabalong.

Campak dan rubella merupakan penyakit menular yang disebabkan virus rubeola. Campak dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti diare, radang paru, radang orak, kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian. Sedangkan rubella berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Pencegahan terbaik untuk kedua penyakit tersebut, ialah dengan melakukan imunisasi MR.

(Muhammad Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: