Tabalong Ethnic Festival

Tabalong Ethnic Festival (TEF) adalah program yang dikembangkan Perkumpulan Putera/Puteri Saraba Kawa (Perkumpulan Pusaka), sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja di bidang pendidikan, sosial dan budaya, sejak tahun 2011. Awalnya TEF adalah program penguatan sanggar seni di Tabalong melalui mekanisme kompetisi kelembagaan dan pertunjukkan seni. Namun kemudian dalam perkembangannya event ini dikembangkan menjadi event pariwisata berbasis budaya dengan tidak menghilangkan maksud dan tujuan utama untuk melakukan penguatan terhadap sanggar seni.

Bentuk Kegiatan :

-Tourism Expo. Tabalong Tourism Expo adalah expo bertema pariwisata dan sektor ikutannya. Expo ini memberi ruang bagi pemerintah daerah di Kalimantan Selatan, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, perusahaan swasta dan lembaga pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan program dan produk yang terkait dengan bidang pariwisata. Expo akan diselenggarakan selama TEF berlangsung tanggal 22 – 29 Juli 2018.)

Karasmin Show. Karasmin Show adalah serangkaian kegiatan yang diisi dengan berbagai pertunjukan yang diselenggarakan sebagai bagian dari Tabalong Ethnic Festival VII. Kegiatan tersebut antara lain adalah :

  • Mamanda. Pertunjukan teater tradisi khas Kalimantan Selatan yang bergaya istana sentris dimana bercerita dengan usaha-usaha pemerintah (kerajaan) dalam mengatasi persoalan yang muncul di kerajaan.
  • Madihin/Basyair. Adalah seni tradisi sastra lisan lokal dengan berbahasa lokal.
  • Kuda Gepang. Pertunjukan kuda lumping ala suku Banjar yang diiringi dengan pertunjukan teater.
  • Kuntau. Pertunjukan seni bela diri khas Kalimantan Selatan.

-Karasmin Musik. Karasmin Musik adalah serangkaian kegiatan yang diisi dengan pertunjukan musik yang diselenggarakan sebagai bagian dari Tabalong Ethnic Festival VII. Kegiatan tersebut antara lain adalah :

Baadu Pamantingan

  • Festival Musik Panting ( Baadu Pamantingan). Musik Panting adalah musik tradisional Banjar dengan alat musik utama yang disebut alat musik panting. Musik panting biasanya dimainkan oleh satu group dengan memainkan lagulagu Banjar.
  • Voice of Borneo. Adalah festival pertunjukan musik yang mengkombinasikan antara musik kontemporer/ modern dengan musik tradisional baik untuk mengiringi lagu tradisional maupun lagu berbagai genre lainnya.

 

-Karasmin Tari. Karasmin Tari adalah serangkaian kegiatan yang diisi dengan pertunjukan tari yang diselenggarakan sebagai bagian dari Tabalong Ethnic Festival VII. Karasmin tari untuk tahun 2018 ini bersifat lomba untuk sanggar seni se—Kalimantan dengan dua kategori yaitu :

Festival Tari Kreasi Tradisi Pesisir

Tari Kreasi Tradisi Pesisir, adalah lomba tari dengan kategori kreasi tradisi pesisir.

Tari Kreasi Tradisi Pedalaman. Adalah lomba tari dengan kategori kreasi tradisi pedalaman.

Lomba tari ini mengkedepankan pada kreasi koreografi tari berbasis tradisi lokal (kalimantan) sebagai salah satu bentuk seni pertunjukan.

 

-Karasmin Busana

Karasmin Busana adalah serangkaian kegiatan yang diisi dengan lomba desain busana, baik busana kontemporer yang diinspirasi dari motif dan bentuk busana tradisional maupun busana karnaval.

Kegiatan pada Karasmin Busana adalah :

Ethnic Fashion Creation. Adalah lomba desain busana antar desainer/rumah busana/butik. Adapun desain busana yang dilombakan adalah yang diinspirasi dari motif (batik/sasirangan) maupun dari bentuk-bentuk busana tradisi lokal (kalimantan).

Ethnic Carnival. Adalah lomba desain busana karnaval yang diinspirasi dari tokoh-tokoh (manusia, hewan, makhluk gaib) dalam mitologi lokal atau flora dan fauna khas lokal.

 

-Karasmin On Location. Karasmin on location adalah pertunjukan yang dilakukan di lokasi wisata sebagai bagian usaha mempromosikan obyek wisata yang ada di Tabalong. Beberapa kegiatan Karasmin on location antara lain meliputi :

  • Spirit of the cave. Adalah pertunjukan tari dengan memanfaatkan ruang berupa goa. Goa yang dipilih adalah Goa Liang Tapah yang ada di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.
  •  Batamat. Adalah tradisi yang dilaksanakan ketika seseorang telah tuntas belajar mengaji AlQur’an. Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Pusaka Banua Lawas.
  • Legenda Dayak Deah. Adalah pertunjukan tari yang menceritakan tentang asal-muasal, tradisi dan budaya Dayak Deah. Kegiatan dilaksanakan di Gunung Sialing, Kecamatan Haruai.
  • Goes to traditional market. Adalah kunjungan ke pasar tradisional untuk melihat budaya masyarakat lokal dengan pasar.

 

Jadwal Kegiatan

Link Pendaftaran Lomba : 

Ethnic Carnival : » Formulir Pendaftaran Ethnic Carnival

Ethnic Fashion Creation :» Formulir Ethnic Fashion Creation

Baadu Pamantingan : »Formulir Baadu Pamantingan

 

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: