Stok Beras di Tabalong Aman Selama Kemarau

TVTABALONG.COM – Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, pastikan stok beras aman, di musim kemarau tahun ini. Pasalnya tahun lalu, hasil pertanian di Tabalong mengalami surplus, sehingga ketersediaan beras aman hingga saat ini.

Musim kemarau tidak mengakibatkan dampak negatif pada ketersediaan gabah. Pasalnya, stok gabah di Tabalong masih aman, karena hasil pertanian tahun lalu mengalami surplus.

Data ketahanan pangan Tabalong menyebutkan, produksi gabah kering giling sampai bulan Juni 2018, sebesar 86 ribu ton, atau sebanyak 54 ribu ton beras. Sedangkan konsumsi beras masyarakat Tabalong, hanya sekitar 15 ribu ton, yang menjadikan beras per juni 2018 alami surplus sebesar 39 ribu ton.

Kondisi ini didukung dengan pertanian di musim kemarau tahun ini terbilang berhasil. Pasalnya, petani masih bisa memanen padi dengan maksimal, karena kemarau berlangsung singkat.

Surplus beras di Tabalong menurut Kabid Ketersediaan Dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, Khairin, tak lepas dari faktor kesuksesan petani dalam panen padi.

Selain itu ada kecamatan melakukan panen raya. Daerah yang dimaksud yaitu di Kecamatan Banua Lawas, pada bulan Mei lalu, petani dapat memanen padi hingga tembus 10.300 ton.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: