Home / Tabalong Hari Ini / Siaga Darurat Penanganan Karhutla, BPBD Tabalong Catat 20 Hotspot & Karhutla

Siaga Darurat Penanganan Karhutla, BPBD Tabalong Catat 20 Hotspot & Karhutla

TVTABALONG.COM – Terhitung dari bulan Januari hingga Agustus 2018, BPBD Tabalong mendata setidaknya ada 20 hotspot dan kebakaran hutan dan lahan di Tabalong. Untuk itu saat ini Tabalong telah ditetapkan statusnya menjadi siaga darurat penanganan karhutla, kabut asap dan kekeringan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, hingga kini telah terdata sebanyak 20 hotspot dan kebakaran hutan dan lahan. 16 diantaranya merupakan hotspot, sementara 4 lainnya merupakan kejadian karhutla.

Dari 16 hotspot yang terpantau, 6 diantaranya merupakan bekas sisa pembakaran lahan oleh warga di Kecamatan Muara Uya, Haruai, Tanjung, dan Banua Lawas. Sedangkan untuk 10 hotspot lainnya berasal dari lokasi perusahaan swasta pertambangan batu bara di wilayah Kecamatan Upau, yang diakibatkan oleh pemanasan batubara.

Meski demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong, alfian menyatakan tidak mengalami kendala dalam menanggulangi bencana tersebut. Dari 4 kejadian karhutla di Tabalong, semuanya dapat ditanggulangi dengan baik .

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong, untuk 4 lokasi kebakaran hutan dan lahan, terjadi di Kecamatan Murung Pudak, Banua Lawas, Kelua, dan Kecamatan Muara Uya.

Rahmadi

Check Also

Puluhan Rumah di Perumahan Anugerah Regency Terendam Banjir

TVTABALONG.COM – Hujan deras yang mengguyur Tabalong, Senin(17/6/2019) pagi, membuat beberapa kawasan terendam banjir, salah …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: