Home / Tabalong Hari Ini / Ekonomi / Sejumlah Ibu Rumah Tangga di Kec. Haruai Diberikan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha

Sejumlah Ibu Rumah Tangga di Kec. Haruai Diberikan Pelatihan Keterampilan Berwirausaha

TVTABALONG.COM – Setelah dilaksanakan di Kecamatan Muara Uya, pelatihan keterampilan berwirausaha juga diberikan bagi ibu rumah tangga di Kecamatan Haruai. Para perempuan tersebut diberdayakan untuk mampu berwirausaha, dalam pembuatan produk pangan yang sehat dan bergizi.

Sejumlah ibu rumah tangga kembali diberikan pelatihan keterampilan berwirausaha. Jika sebelumnya pelatihan berwirausaha diberikan bagi ibu rumah tangga di Kecamatan Muara Uya, kali ini diberikan di Kecamatan Haruai.

Pelatihan yang di inisiatori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB ini, diikuti kaum perempuan, yang teridir dari ibu rumah tangga maupun wirausaha.

Bimbingan manajemen usaha  diikuti para kaum perempuan gabungan dari Kecamatan Bintang Ara, Haruai dan Upau ini, dituntut untuk mampu memulai usaha sendiri. Selain itu juga para ibu-ibu desa ini didorong untuk bisa memproduksi bahan pangan, tanpa harus bergantung pada produk luar.

Salah seorang peserta pelatihan, Siti Sapdiati mengaku termotivasi untuk membuka usaha pembuatan makanan siap saji ini. Pasalnya, di desanya jenis makanan siap saji sehat sangat sulit ditemukan. Warga didesanya harus pergi ke daerah Tanjung, jika ingin mendapatkan makanan siap saji seperti nugget.

Dalam bimbingan manajemen usaha ini, perempuan disini diajarkan bagaimana mengolah makanan pedamping seperti nugget, sosis, siomay dan pentol dari ikan. Tidak hanya itu para ibu-ibu pun ditekankan untuk mengolah makanan secara higenis sehat dan bergizi, tanpa bahan pengawet.

Purnamasari

Check Also

KNPI Tabalong & PT BPR Siapkan Puluhan Pemuda di Kec. Haruai Jadi Wirausahawan

TVTABALONG.COM – Sebanyak 50 orang pemuda di Kecamatan Haruai dalam 3 bulan terakhir telah mengikuti …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: