Sedikitnya Guru Seni & Budaya Di Sekolah

TVTABALONG.COM – Terbatasnya rekrutmen guru seni dan budaya di Tabalong, ternyata berdampak pada kurangnya guru seni budaya di sekolah. Pihak sekolah pun terpaksa menggunakan guru mata pelajaran, dalam mengisi seni dan budaya.

Kepala bidang kebudayaan Dinas Pendidikan Tabalong, Masdulhaq Abdi menilai, pelajaran seni dan budaya masih dianggap tidak sepenting mata pelajaran lainnya. Padahal menurut Abdi, hakikat kedudukan mata pelajaran apapun adalah sama.

Akibatnya, sebagian sekolah di Tabalong mengalami kekurangan guru seni budaya. Jika pun ada, pengajarnya justru bukan mereka berlatar belakang pendidikan seni budaya. Melainkan guru mata pelajaran lain yang merangkap sebagai guru seni budaya.

Abdi yang ditemui saat kegiatan budayawan masuk sekolah, kamis lalu mengatakan, salah satu faktor kurangnya guru dimaksud, karena terbatasnya rekrutmen guru seni budaya. Sehingga salah satu upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan merekrut seniman dari sanggar – sanggar di Tabalong.

Di Tabalong, sedikitnya ada sekitar 30 sanggar seni di bawah naungan Dinas Pendidikan, yang dapat bekerjasama dengan sekolah, dalam upaya meningkatkan pengetahuan seni dan budaya siswa.

(Syarif Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: