Sanksi Tegas Untuk ASN yang Terlibat Aktivitas Ujaran Kebencian


TVTABALONG.COM – Badan Kepegawaian Negara merilis surat edaran tentang larangan keterlibatan Aparatur Sipil Negara dalam aktivitas ujaran kebencian. Jika ditemukan, ASN bersangkutan akan dikenakan sanksi tegas, karena dianggap telah turut memperkeruh situasi bangsa.

Pertanggal 18 mei 2018 lalu, Badan Kepegawaian Negara merilis enam aktivitas ujaran kebencian berkategori pelanggaran disiplin ASN. Dalam edaran tersebut badan kepegawaian negara meminta ASN menjalankan fungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa, sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 5 tahun 2014.

ASN juga diimbau untuk tidak menyebarkan berita palsu atau hoax, dan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras dan antargolongan, yang berpotensi sumber perpecahan bangsa. Serta ASN harus tetap menjaga integritas, loyalitas dan berpegang pada empat pilar kebangsaan.

PLT Bupati Tabalong, Zony Alfianoor saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, meski belum menerima langsung surat edaran tersebut. Namun pihaknya sangat mendukung dan siap menjalankan edaran itu. Dan Zony mengaku, hingga kini tidak ditemukan adanya ujaran kebencian yang dilakukan ASN Tabalong.

Aktivitas ujaran kebencian yang termasuk dalam kategori pelanggaran disiplin ASN itu, diantaranya menyampaikan serta menyebarluaskan pendapat berisi ujaran kebencian secara tertulis maupun melalui media sosial terkait empat pilar kebanggsaan dan unsur sara. Selain itu mengadakan dan mengikuti kegiatan yang dapat membenci empat pilar kebangsaan. Dan yang terbukti melanggar dijatuhi hukuman disiplin dari ringan hingga berat.

(Rahmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: