Riset Kesehatan Dasar Tentukan Kebijakan Program Kesehatan

Dinas Kesehatan Tabalong, melepas tim enumerator riset kesehatan dasar kementrian kesehatan. tim enumerator atau pengumpul data kesehatan tersebut, akan bertugas mengumpulkan sampel data kesehatan di masyarakat tabalong, yang akan digunakan untuk menentukan kebijakan program kesehatan.

20 petugas tim enumerator dari Kementrian Kesehatan tahun 2018, siap melaksanakan tugasnya dalam mengumpulkan data kesehatan warga tabalong. tim enumerator riset kesehatan dasar ini, ditugaskan mengumpulkan data kesehatan masyarakat, yang disebar di 56  sampel desa di Tabalong.

Nantinya mereka akan mendata setiap kepala keluarga, terkait kondisi kesehatan masyarakat. Salah seorang enumerator, Rika Juwita Sari, yang akan di tempatkan di desa Padang Panjang menjelaskan, mereka akan melakukan pendekatan dengan mengenali karakteristik masyarakat, agar dapat dengan mudah menggali data kesehatan.

“tentunya karakter setiap masyarakat berbeda, jadi para enumerator harus mempunyai kemampuan untuk mendekati masyarakat agar mereka bisa memberikan data dan mau bekerjasama dengan kami” Ujar Rika

Riset kesehatan dasar sendiri, merupakan riset yang dilakukan selama lima tahun sekali, hasil dari riset ini digunakan untuk mengambil kebijakan program kesehatan nasional mendatang. yang artinya, efektifitas kebijakan program kesehatan jangka panjang, bergantung besar pada hasil riskesda ini.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, hasil riset  tim enumerator ini, juga dapat dijadikan sebagai kebijakan untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah di tahun 2019 mendatang.

“Ini sebagai dasar atau titik tolak kita, untuk membuat perencanaan pembangunan kesehatan kedepannya, terutama di Tahun 2019 kita akan menyusun RPJMD yang baru” Jelas Taufiq

“Ini bertepatan waktunya, sehingga ini bisa menjadikan sebagai data acuan kita melakukan perencanaan kesehatan ” tambahnya lagi.

Taufiq juga berharap, masyarakat Tabalong dapat menerima dan memberikan data dengan benar kepada tim enumerator. Agar pemerintah kabupaten Tabalong, khususnya Dinas Kesehatan Tabalong, dapat merencakan program kesehatan yang tepat bagi kondisi kesehatan masyarakat.(tvatabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: