Produksi Telur Ayam Di Tabalong Tak Sebanding Dengan Kebutuhan

TVTABALONG.COM ā€“ Kebutuhan akan telur ayam yang tinggi di Tabalong, tidak sebandig dengan hasil produksi telur dari petani lokal. Hal ini menyebabkan kebutuhan telur harus dipasok dari luar daerah. Sedangkan produksi telur itik di Tabalong, dipastikan dapat memenuhi kebutuhan.

Kebutuhan telur ayam di Tabalong tergolong cukup tinggi, yaitu sekitar 2.400.000 butir perbulan. Sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan produksi telur ayam oleh peternak lokal.

Peternak ayam petelur di Tabalong hanya berjumlah 5 buah. Produksinya pun berkisar diantara angka 270 ribu hingga 300 ribu butir per bulan. Hal ini menyebabkan kabutuhan telur ayam di Tabalong, harus dipasok dari luar daerah.

Berbanding terbalik dengan telur ayam, kebutuhan telur itik di Tabalong justru sedikit, hanya sekitar 48 ribu butir telur itik perbulan. Sedangkan peternak itik petelur di Tabalong terbilang cukup banyak. Sehingga kebutuhan telur itik terpenuhi.

Populasi itik di Tabalong sendiri banyak terdapat di daerah selatan. Di kecamatan Banua Lawas saja pada bulan April sampai dengan Juni, ada sebanyak 21.011 ekor populasi itik. Dan untuk Kecamatan Pugaan dengan bulan yang sama ada 5.525 populasi.

Tingkat keberhasilan itik bertelur yakni sekitar 98% dari jumlah populasi yang ada. Sehingga dengan perbandingan antara jumlah yang dihasilkan dan kebutuhan telur itik, maka dapat dipastikan kebutuhan telur itik di tabalong dapat terpenuhi.

(Sherly Nova Arianti)

1 thought on “Produksi Telur Ayam Di Tabalong Tak Sebanding Dengan Kebutuhan

  1. Mas di mana iya tempat jual ayam petelur saya mau coba bisnis, tapi gak tau di mana cari bibit ayam petelur di tabalong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: