Pohon Pelindung di Pinggir Dirusak Tangan Tak Bertanggung Jawab

TVTABALONG.COM – Sejumlah pohon di Jalur Hijau Mabuun dirusak orang tidak bertanggung jawab. Pohon pelindung di pinggir jalan perkotaan tersebut, dirusak dengan cara mengelupas kulit pohon di bagian pangkal.

Sejumlah pohon di trotoar Jl Ir .PHM Noor Mabuun Kecamatan Murung Pudak yang dirusak orang tidak bertanggung jawab. Kerusakan terjadi pada kulit bagian pangkal pohon yang diduga dikupas dengan sengaja.

Bahkan berdasarkan pantauan rabu 6 juni 2018 lalu, kondisi batang pohon berjenis trembesi ini, mulai mengering dan daunnya pun mulai berguguran.

Salah seorang warga setempat , Amril pun menyayangkan banyaknya pohon peneduh yang sengaja dirusak. Namun Amril juga mengkritisi, pohon yang berada tepat dibawah jalur listrik PLN tersebut, dapat membahayakan warga setempat.

Saat dikonfirmasi, kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowie Rawatianice menjelaskan, para pelaku perusakan dan penebangan pohon di ruang terbuka hijau wajib mengganti pohon yang ditebang. Hal tersebut sesuai Perda Tabalong tentang perlindungan dan pengelolaan lingkuan hidup.

Namun menurut Rowi, teknis penggantiannya belum bisa memastikan karena menunggu peraturan bupati yang saat ini tengah dirumuskan.

Kendati demikian, Rowi mengharapkan kesadaran menjaga seluruh tanaman yang berada di ruang terbuka hijau, agar terwujudnya Tabalong bersih dan hijau.

(Muhammad Rais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: