PMI Tabalong Targetkan Unit Transfusi Darah Beroperasi Pada Mei

Untuk mempermudah mengakses ketersediaan kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tabalong akan membuka unit transfusi darah. Unit ini ditargetkan beroperasi paling lambat bulan mei 2018 mendatang.

Unit transfusi darah milik PMI Tabalong yang terletak di Jl.Ir.P.H.M Noor Pembataan, Kecamatan Murung Pudak ini, telah memiliki dua unit Blood Bank atau bank darah. Masing-masing bank darah memiliki kapasitas 120 kantong darah dan 165 kantong darah.

Unit ini nantinya, akan memenuhi kebutuhan darah dari dua buah rumah sakit yang ada di Tabalong , serta sejumlah rumah sakit terdekat di luar Tabalong.

Sekretaris PMI Tabalong, Setyawan Andri Wibowo mengungkapkan, saat ini pihaknya terus melengkapi sejumlah peralatan dan perlengkapan pendukung. Wawan berharap, april 2018 mendatang unit transfusi darah tersebut sudah mulai beroperasi.

Wawan juga menambahkan, unit transfusi darah, juga dapat digunakan untuk mendonorkan darah, serta sebagai  fasilitas bagi warga yang  membutuhkan darah.

Sekedar diketahui, di Kabupaten Tabalong sendiri kebutuhan darah mencapai 500 kantong setiap bulannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sementara ini PMI Tabalong masih mendatangkan darah dari  Kabupaten tetangga.(tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: