Pertanian Organik Mampu Hemat Biaya Produksi

TVTABALONG.COM – Meski hasil pertanian organik tidak terlalu besar, jika dibandingkan hasil pertanian berbahan kimia. Namun pertanian organik ternyata mampu menghemat biaya produksi petani. Bahkan bahan-bahan pestisidanya pun, dengan mudah didapat dari sekitar.

Lahan pertanian organik seluas sepertiga hektar, dikelola kelompok tani Sukamaju, Kambitin Kecamatan Tanjung, bersama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri. Di lahan ini berbagai sayuran ditanam secara alami tanpa menggunakan kimia sintetis.

Salah seorang petani organik, Gatot Suwarno mengaku, hasil pertanian organik memang tidak terlalu bersar, jika dibandingkan dengan pertanian berbahan kimia. Namun, pestisida berbahan alami  justru lebih mudah didapatkan dari sekitar, seperti pemanfaatan umbi gadung dan tembakau.

Selain itu, untuk menyuburkan tanah, petani biasanya menggunakan pupuk kandang dari urin sapi bercampur sisa bonggol pisang. Dengan cara ini, petani dapat dapat menghemat biaya produksi hingga 50%, dibandingkan menggunakan bahan kimia.

Sementara, Dinas Pertanian Tabalong juga memiliki beberapa program, untuk mendukung pengembangan pertanian organik tersebut. Diantaranya penyediaan sarana prasarana menampung hasil pertanian organik di tabalong.

Johan menambahkan, Dinas Pertanian juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk turut membeli hasil pertanian organik Tabalong.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: