Persiapan Disdik Tabalong, Hadapi USBN 2018

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan ujian sekolah berstandar nasional tingkat sekolah dasar tahun pelajaran 2017-2018. Untuk menghadapi USBN tersebut, Dinas Pendidikan Tabalong lakukan sosialisasi ujian sekolah berstandar nasional kepada tenaga pendidik sekolah dasar.

Sosialisasi ujian sekolah berstandar nasional, sebagai tindak lanjut dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya Kemendikbud telah menetapkan ujian nasional berstandar nasional, USBN, mulai tahun 2018 bagi peserta didik sekolah dasar se Indonesia.

Sosialisasi ujian sekolah berstandar nasional kabupaten Tabalong diikuti sejumlah pengawas, kepala sekolah, dan tenaga pendidik sekolah dasar se kabupaten Tabalong. Hal ini bertujuan  untuk mengetahui sejauh mana persiapan sekolah dan memastikan penerapan USBN disekolah masing-masing.

Ujian sekolah berstandar nasional tingkat sekolah dasar rencananya dilaksanakan dari tanggal tiga hingga lima mei 2018.  Ada tiga mata pelajaran yang masuk dalam USBN, yaitu  Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berbeda dengan ketentuan pola pembuatan soal ditahun sebelumnya, yang memuat soal 25% dari pusat, dan 75% soal dibuat oleh tenaga pendidik yang berkoordinir dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan kantor wilayah kementrian setempat. Di tahun 2018 ini, untuk pembuatan soal 25% diambil dari pusat, dan 75% di buat oleh kelompok kerja guru di bawah binaan Dinas Pendidikan kabupaten setempat.

“untuk presentasi komposisi soal, itu ada 75% dari daerah dan 25% dari pusat ” Jelas Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Disdik Kabupaten Tabalong, Antung Hormansyah.

Antung juga menambahkan, dengan adanya pembaharuan ini, diharapkan  dapat memudahkan siswa memahami soal-soal dalam USBN.  serta  dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekolah dasar yang ada di kabupaten Tabalong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: