Pentingnya Peran Orang Tua Pilih Jajanan Sehat Untuk Anak

TVTABALONG.COM – Perkembangan perekonomian Tabalong, menyebabkan banyaknya tumbuh usaha kecil, yang tersebar di tempat umum. Sayangnya tak semua pedagang memperhatikan standar kesehatan dagangannya. Orang tua pun dituntut untuk lebih selektif, dalam memilihkan makanan sehat untuk anaknya.

Di Tabalong, tepatnya di tempat umum, tak jarang ditemui pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai jajanan, baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Konsumennya pun beragam, baik dari orang dewasa, remajaja, dan seringkali didominasi anak-anak.

Tidak semua jajanan yang diperjual belikan, memenuhi standar kesehatan. Sehingga di khawatirkan, konsumen yang didominasi anak-anak akan rentan terkena masalah kesehatan akibat jajanan kurang sehat. Dalam hal ini, pentingnya peran orang tua sebagai pengawas, bagi anaknya dalam memilih jajanan.

Salah satu orang tua, Nurani, mengakui, dirinya lebih selektif dalam memilih jajanan untuk anaknya.  Dalam memilih jajanan yang dijual pedagang, ada beberapa hal yang ia perhatikan. Seperti kebersihan lapak dagangan, proses pembuatan makanan dan minuman, serta memilih makanan dan minuman yang sehat, aman, dan bergizi.

Nurani juga menambahkan, tak jarang ia mengedukasi anaknya untuk bisa memilih jajanan yang layak di konsumsi. Hal tersebut ditujukan ketika anak diluar pengawasan orang tua, tetap dapat mengkonsumsi jajanan yang layak dan menyehatkan.

(Syarif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: