Pengelola Obyek Wisata Air Terjun Lano Terus Tingkatkan Fasilitas

TVTABALONG.COM – Sarana prasarana di Objek Wisata Lano, saat ini bisa dikatakan jauh lebih baik  dibanding tahun sebelumnya, mulai dari perbaikan akses jalan, kebersihan tempat wisata, dan ketersediaan wc umum. Hal itu dilakukan Kelompok Sadar Wisata Nagari, untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung.

Kelompok Sadar Wisata Nagari terus berbenah, demi meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Lano. Diantaranya menjaga kebersihan lokasi tempat wisata, dengan menyediakan tempat sampah selama berjalan menuju ke air terjun, agar pengunjung tidak sembarangan untuk membuang sampah.

Sejak tahun 2015 hingga saat ini, jumlah  wc umum terus ditambah hingga saat mencapai empat buah dan ditambah dengan lima tempat bilas yang berada di depan pintu masuk wisata lano dan di depan air terjun utama.

Salah satu wisatawan yang datang dihari liburan lebaran, Fitria menuturkan, fasilitas yang sudah ada di Objek Wisata Lano sudah cukup membantunya, akan tetapi ia menyarankan agar akses jalan menuju air terjun bisa ditingkatkan lagi.

“Kalau Bisa ada jembatan, supaya kita tidak basah”. ucap Fitria

” Harapannya kalau tahun depan kita ke sini lagi, bisa lebih bagus lagi” ucapnya lagi.

Menanggapi saran dari pengunjung terkait peningkatan akses jalan di tempat wisata ini, Padli, salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata Nagari mengatakan, secara bertahap pihaknya berencana akan  memperbaiki akses jalan dari gerbang depan tempat wisata menuju ke air terjun. Dengan total panjang jalan sekitar 700 meter, saat ini jalan yang sudah disemen sepanjang 390 meter, sedangkan sekitar 300 meter sisanya, akan dilakukan hal serupa secara bertahap.

Lanjut, Padli mengatakan, selain perbaikan jalan, untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan, pihaknya juga menyediakan sarana prasarana pendukung, seperti tempat istirahat, spot foto dan tempat bermain anak-anak.

“Untuk sementara ini, fasilitas baru kita ada balai rakyat, itu tempat untuk istirahat. Juga wahana bermain anak-anak seperti ban dan jembatan-jembatanan” jelas Padli.

Dengan segala pembenahan, Kelompok Sadar Wisata Nagari, berharap wisatawan yang berkunjung ke air terjun lano bisa mendapat kenyamanan dan pengalaman yang mengasyikan.

(Syarif Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: