Pendidikan Karakter PAUD Nurul Hidayah

TVTABALONG.COM – Usia dini merupakan usia efektif dalam mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Untuk itu Paud Nurul Hidayah, memberikan pendidikan karakter sejak dini kepada anak didiknya. Diantaranya melalui belajar kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab.

Menurut penelitian, pada usia nol sampai enam tahun, otak anak mengalami proses perkembangan yang sangat cepat, pada usia tersebut otak anak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tanpa dapat membedakan sesuatu hal baik dan buruk.  Hal tersebut tentu menjadi momen penting dalam perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak.

Ketua Yayasan Nurul Hidayah, Ida Fariatni menjelaskan, pendidikan guna membentuk karakter anak sejak dini dinilai sangatlah penting, karena segala sesuatu hal yang diajarkan kepada anak, dibawah usia enam tahun, sangat mempengaruhi karakter mereka di masa mendatang.

Sementara pengajar paud Nurul Hidayah, Farida Fahlifi mengungkapkan, para anak didik paud diajarkan prilaku Ahlakul Kharimah seperti memberi dan membalas salam selama berada di lingkungan sekolah. Selain itu para anak didik juga diajarkan prilaku sabar, mandiri, dan berbagi kepada sesama.

Pada acara pelepasan anak Paud Nurul Hidayah, sekitar 30 anak kelompok bermain dan taman kanak kanak dilepas untuk memasuki tahun ajaran baru. Semua anak didik diberi penghargaan berupa piala sebagai tanda juara, masing masing piala bertuliskan karakter baik dari anak didik, seperti juara mengembalikan barang, juara mandiri  dan berbagai juara lainnya.

(Syarif Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: