Penataan Pasar Bajut Warukin

TVTABALONG.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong melakukan penataan lapak para pedagang di Pasar Bajut , rabu lalu. Penataan dilakukan terhadap sejumlah pedagang ikan dan sayur, karena lapak mereka yang berada di pinggir jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak pedagang ikan dan sayur di Pasar Bajut, yang menggelar dagangannya diluar lahan pasar, yakni di pinggiran jalan atau di depan halaman rumah warga. Hal ini tentu menyebabkan terganggu nya arus lalu lintas.

Namun sejak rabu lalu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, menata kembali penempatan pedagang ikan dan sayur. Mereka dipindahkan ke area belakang pasar untuk mengelar dagangannya.

“jadi untuk saat ini, kita menata lapak para pedagang” jelas Kepala Disperindag Tabalong, Norzain Yani.

“Jadi yang tadinya pedagang ikan, sayur yang tersebar berjualan suka-suka, kita kumpulkan di satu tempat khusus, agar tidak berjualan di luar lokasi pasar, karena sebelumnya mereka berjualan di depan rumah warga, yang dari segi lingkungan sangat mengganggu”. Imbuh Norzain Yani .

Sementara Kepala Desa Warukin Dedy Unjang mengaku senang dengan penataan pasar Bajut ini, ia menilai sekarang pasar terlihat lebih rapi.

“Sangat senang sekali atas penataan pasar, kami sudah lama nantikan ini” tutur Dedy Unjang.

“Pasar Bajut ini semakin tahun semakin ramai, banyak sekali pedagang yang datang, awalnya karena tidak ada penataan , keadaan pasar jadi semrawut ” tuturnya lagi

“Dengan adanya penataan di Pasar Bajut ini, sangat terlihat perubahannya, pedagang terlihat jadi lebih rapi” imbuh Dedy.

Salah seorang pedagang sayur di Pasar Bajut, Masrani menuturkan, dirinya sangat mendukung dengan penataan kembali pasar ini, sebab menurutnya pasar jadi terlihal lebih bersih dan teratur.

“Jadi pasar kita ni bagus, sayur-sayur dan ikan basah bagus dan juga bersih” kata Masrani.

Pada tahun ini, Disperindag berencana akan menambah beberapa los pedagang, selain itu juga direncanakan penertiban pada sejumlah bangunan liar yang berada di lahan pasar.

(Sherly Nova Arianti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: