Pelatihan Penguatan Keterampilan Bagi Guru SD

TVTABALONG.COM – Keterampilan ilmiah yang dimiliki para guru, ternyata dapat berpengaruh besar pada upaya peningkatan prestasi dan kemampuan belajar siswa. Untuk itu, guru pun dituntut mampu mengembangkan keterampilan ilmiahnya, sehingga dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan kemampuan siswa.

Peran guru di sekolah tidak hanya sebagai tenaga pendidik saja. Namun juga sebagai fasilitator bagi pengembangan kemampuan siswanya. Yaitu melalui pelatihan keterampilan ilmiah di bidang sains.

Untuk itu, guru pun dituntut mampu mengembangkan keterampilan ilmiahnya, agar dapat mendukung keingintahuan siswa dalam belajar. Upaya mendorong dan mengasah kemampuan guru tersebut, Yayasan Adaro Bangun Negeri bekerjasama dengan PT. Kuark Internasional, menggelar pelatihan penguatan keterampilan ilmiah dan proses berpikir.

Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung Informasi, Rabu 25 Juli 2018 ini, mengikutsertakan 20 guru dan 14 kepala sekolah. Mereka merupakan perwakilan sekolah dari 4 kabupaten, Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan dan Barito Timur Kalimantan Tengah.

Menurut Kasi Kurikulum dan Penilaian, Dinas Pendidikan Tabalong, Sutimbul, kegiatan ini sangat membantu pemerintah dalam menunjang proses pembelajaran di kabupaten Tabalong.

Pelatihan ini digelar selama 4 hari, dengan 3 materi pokok. Yaitu materi keterampilan proses, dan proses berpikir dalam pembelajaran sains berbasis inkuiri. Serta mengasah keterampilan proses ilmiah dan berpikir dalam persoalan sains.

(Rulyandi Rahman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: