Pedagang Ayam Dianjurkan Gunakan Kunyit Sebagai Zat Anti Bakteri

TVTABALONG.COM – Dalam perkembangan di dunia pangan, zat anti bakteri saat ini banyak beredar secara luas, namun zat anti bakteri beredar sekarang cenderung besifat sintetik atau buatan yang bebahaya apabila dikonsumsi terus-menerus, hal itu membuat Dinas Pertanian Bidang Peternakan Tabalong, anjurkan pedagang daging ayam gunakan zat anti bakteri alami seperti kunyit.

Untuk mencegah membahayakan konsumen dari bakteri dan  penggunaan zat anti bakteri sintetik atau buatan di wilayah Kabupaten Tabalong. Kasi kesehatan masyarakat veterener pengolahan pemasaran hasil peternakan  Dinas Pertanian Tabalong, Karnadi Elham anjurkan penjual daging ayam, gunakan bahan alami seperti kunyit.

Menurut Karnadi, kunyit  sangat bermanfaat sebagai antimikrobia atau antiseptik alami, yang bisa dibubuhkan pada karkas unggas, sebelum dijual belikan atau disimpan dalam kulkas, dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang terdapat pada daging unggas. Selain itu, juga memperpanjang masa simpan ayam dan membunuh bakteri yang bisa menimbulkan penyakit pada manusia.

Disamping itu, menurut salah satu pedagang, Zainab, ia memang ingin menerapkan yang dianjurkan Dinas Pertanian, akan tetapi para konsumen menolak dan tidak mengerti kegunaan kunyit atau janar sangat berfunsi untuk membunuh bakteri.

Zainab juga berharap, untuk para konsumen lebih paham akan kegunaan kunyit, disamping untuk aman dikonsumsi terus menerus juga menjadi rempah-rempah alami untk pengawet daging ayam.

(Normansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: